About APCI

Wadah praktisi dalam rangkaian pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut (FKTL)
terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai ujung tombak pelaksana dalam program JKN Pemerintah Republik Indonesia.

APCI dibentuk dengan tujuan untuk menghimpun dan menaungi para Praktisi Casemix yaitu petugas yang bersentuhan langsung dengan sistem Casemix INA-CBG's dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang komponen utamanya terdiri dari petugas IT, Koder, Administrasi Klaim, dan #PraktisiCasemix lainnya baik di Rumah Sakit maupun pada institusi lain di seluruh Indonesia.

Melihat pesatnya Perkembangan Sistem Jaminan Kesehatan Nasional dan Perubahan Regulasi yang juga berdampak pada perubahan aplikasi Casemix INA-CBG’s, kami tergerak untuk membantu mensosialisasikan setiap perkembangan tersebut kepada #praktisicasemix yang tersebar di rumah sakit. Kemudian atas dorongan dari berbagai pihak baik dari institusi maupun para #PraktisiCasemix itu sendiri yang sudah lama telah membentuk jaringan komunikasi melalui social media ataupun media-media lainnya sepakat untuk membentuk perkumpulan dengan nama ASOSIASI PRAKTISI CASEMIX INDONESIA disingkat APCI.

APCI bukan merupakan organisasi profesi melainkan himpunan dari beberapa profesi dengan latar belakang pendidikan yang berbeda namun memiliki persamaan tugas yaitu sebagai Pengelola dan pelaksana dalam rangkaian pelayanan terhadap peserta JKN melalui sistem Casemix INA-CBG's. APCI berkepentingan untuk menaungi tim casemix di tiap Rumah Sakit, mendorong RS untuk mengoptimalkan peran pelaksana casemix yg mencakup koder, IT dan keuangan serta tenaga medis lain terkait Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan di Rumah Sakit. APCI akan terus mendukung setiap Program serta kebijakan Pemerintah dalam implementasi JKN di Indonesia.

Team of APCI.

Tonang Dwi A.

Pembina APCI

Selain sebagai Pembina APCI, beliau juga sebagai praktisi casmix tepatnya di RS UNS sebagai wadir pelayanan, pendidikan dan penelitian. Dibidang pendidikan dia juga sebagai Dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surakarta.

Anang Tribowo

Penasehat APCI

Selain sebagai Penasehat APCI, beliau juga sebagai praktisi tepatnya sebagai dokter spesialis mata. Selain itu beliau juga sebagai kepala Rumah Sakit Mata Provinsi Sumatera Selatan serta ketua persatuan dokter mata indonesia (PERDAMI)

Nurhadi

Ketua Umum

Saat ini berperan sebagai praktisi di RSUD Depok, Jawa barat sebagai tim pengajuan klaim dan analis asuransi kesehatan. Sebagai administrator dalam forum diskusi Casemix Indonesia serta aktif dalam troubleshooting praktisi.

Isnanto

Wakil Ketua I

Saat ini berperan sebagai praktisi di RSUD Prof. Dr. Margono soekarjo sebagai pengembang SIMRS. Aktif dalam forum diskusi praktisi baik di Telegram ataupun facebook. Pengembang tools utility praktisi casemix.


Rohadi Sitepu

Wakil Ketua II

Aktif sebagai praktisi casemix dalam hal perencanaan dan rekam medis. Administrator pada forum casemix nasional serta aktif dalam membantu melakukan troubleshooting pada praktisi di Indonesia.

Subhan

Sekretaris

Aktif sebagai koder dan kordinator IT di RSUD Provinsi Sulawesi Barat. Aktif juga sebagai administrator di forum diskusi digital baik group nasional maupun wilayah di Indonesia serta aktif membantu kesulitan sesama praktisi koder

Ira Shidik

Bendahara

There are many variations of passages of Lorem Ipsum available, but the majority have suffered alteration in some form, by injected humour, or randomised words which don't look even slightly believable.

Arif Will

Bendahara II

Aktif sebagai pendidik di perguruan tinggi pada jurusan Perekam Medik dan Informasi Kesehatan. Sebelumnya berperan sebagai kepala Bagian Rekam Medik di RSUD Sumedang Jawa Barat.